Bisnis E-COMERCE mulai tumbuh dengan cepat sejak tahun 1998. Pada awal pertumbuhannya tipe bisnis ini hanya mencakup bidang Business To Costumer (B2C) e-commerce namun pada pertumbuhannya perkembangan bisnis ini mulai melingkupi bidang Business To Business (B2B), Business To Employee, dan gabungan dari B2B dab B2C.
Sesuai tugas saya, saya akan bahas tentang "Karakteristik e-commerce khususnya B2B, B2C, C2C" dan sedikit tentang B2E.
Berikut uraiannya :
1. Business-To- Business
(B2B)
Business-to-business (B2B)
menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara produsen
dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.
Volume transaksi B2B jauh
lebih tinggi dibandingkan volume transaksi B2C. Alasan utama untuk ini adalah
bahwa dalam rantai pasokan yang khas akan ada banyak transaksi yang melibatkan
B2B subkomponen atau bahan baku, dan hanya satu transaksi B2C, khususnya
penjualan produk jadi ke konsumen akhir. Sebagai contoh, sebuah produsen mobil
membuat beberapa transaksi B2B seperti membeli ban, kaca untuk kaca jendela,
dan selang karet untuk kendaraan. Transaksi terakhir, kendaraan yang sudah
selesai dijual ke konsumen, adalah satu (B2C) transaksi.
2. Business-To-Consumer
(B2C)
Business-to-Customer
merupakan kegiatan yang menggambarkan bisnis melayani antara konsumen akhir
dengan produk / jasa. Contoh: Transaksi B2C seseorang akan membeli sepasang
sepatu dari pengecer. Transaksi yang mengarah ke sepatu yang tersedia untuk
pembelian, yaitu pembelian kulit, tali, karet, dll.
3. Consumer-To-Consumer
(C2C)
Merupakan kegiatan yang
melibatkan perdagangan elektronik-difasilitasi elektronik transaksi antara
konsumen melalui beberapa pihak ketiga. Sebuah contoh umum adalah lelang
online, di mana konsumen posting item Dijual konsumen lain menawar untuk
membeli. Situs hanya perantara, hanya ada untuk mencocokkan konsumen. Mereka
tidak perlu memeriksa kualitas dari produk yang ditawarkan.
4. Business-To-Employee (B2E)
Merupakan electronic
commerce yang menggunakan jaringan intrabusiness yang memungkinkan perusahaan
untuk menyediakan produk / jasa kepada karyawan mereka. Biasanya, perusahaan
menggunakan jaringan untuk mengotomatisasi B2E karyawan perusahaan yang terkait
dengan proses.
Untuk yang lainnya TENTANG E-COMMERCE silahkan kunjung ke sini...!!!
Untuk yang lainnya TENTANG E-COMMERCE silahkan kunjung ke sini...!!!
Nah demikian postingan saya,
semoga bermanfaat buat sobat blogger yang membacanya.
Thanks buat kunjungannya,
GOD BLESS YOU...^_^
COPASSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS. Izin ya bro !
BalasHapus